Sunday, May 13, 2012

Jadi juga Paspor ini (-_- #)

Pertengahan April lalu muncul sebuah ide membuat paspor. Gak ada alasan khusus sih, ya cuma pengen buat aja dulu, siapa tau suatu saat mau JJS ke luar negri gitu...hehehehe. Akhirnya baru kesampean datengin kantor imigrasi tanggal 1 Mei. Awalnya tanya di kantor imigrasi bagian pajak impor, kataya tuh kantor buka ampe sore jam 5. Dengan pedenya dateng deh itu jam 5 sore habis ngantor. Sampe sana malah diusir, judes amat pula ngusirnya. Katanya kantor imigrasi buka sampe jam 12 siang aja. Yah alhasil pulang dengan tangan kosong. 

Esoknya dateng deh itu pagi-pagi ke kantor imigrasi. Prosesnya sih gak ribet, cuma untuk orang yang buru-buru (ijin ke luar kantor bentar di pagi hari) serasa semua harus berjalan cepat jadi sedikit lelet aja udah bikin ngedumel :P
Pertama, dateng ke customer service nya yang bertugas meriksa kelengkapan data. Waktu itu data yang dibawa KK asli+copy, Ijazah SMA asli+copy (harus ijazah sekolah katanya, soalnya kalo ijazah kuliah kagak ada nama orang tua), KTP asli+copy, akte lahir asli+copy, sama berkas-berkas dari kantor imigrasi+mapnya (udah ambil sehari sebelumnya, harganya IDR5000).
Kedua, setelah dirasa lengkap oleh CS, kita dikasi nomor antrean ke loket yang bagian ngurusin pembuatan paspor baru. Kebetulan karena itu masih pagi jadi gak perlu antre, langsung cuuusss... menuju loket yang dimaksud. Tapiiiiii....."loh ini loket kok gak ada penghuninya ya? oh mungkin lagi ngurusin yang laen. Tapi kok ini ada Bapak-Bapak duduk depan loket -emmm agak jauh sih- lagi mainin hape. Apa Bapak ini ya penghuninya, sapa gak yaaaa....,ah tapi kayaknya bukan, masak gw segede gambrong gini gak liat." dalam hati. Beberapa menit kemudian Bapak tadi naruh hapenya lalu berdiri mendekati mulut loket dan mengambil berkas gw. Sebentar dia menulis corat-coret dikertas kecil yang isinya jadwal tanggal dan jam buat gw datang lagi. Gubrak....gitu doank di loket tapi nunggunya...hadeeeehhhh... ya sudahlah mungkin gw yang lagi sensi karena gak terima buang-buang waktu....
Ketiga, balik lagi dihari yang sudah ditentukan. Hari itu bawa KTP, KK, Akte lahir, sama Ijazah asli untuk jadwal pemotretan (ceiiileeeee serasa poto model) dan wawancara. Awalnya datang langsung ke loket bagian buat baru paspor (nyang kemaren ane dicuekin). Terus dapet nomor antrean untuk poto dan wawancara (eh lupa dink, yang ngasi nomor antrean tadi siapa yaaa).
Keempat, sebelum poto ama wawancara, kita bayar dulu di kasir,, kemaren kena IDR255.000 per orang untuk paspor 48 halaman.
Kelima, sesi poto ama wawancara. Alhamdulillah kemaren cuma berempat aja yang barengan, jadi antre nya gak lama. Hadap sana hadap sini serong sana serong sini daaaaaannn CEKREEEKKK.... jadi deh potonya. Lanjut ke wawancara....bla bla blaaaa... udah deh hari itu gitu aja.
Keenam, seminggu kemudian balik lagi ke kantor imigrasi (hadeehh sampe bosen :D). Ngasihin karcis yang didapet pas pemotretan, ke loket bagian bikin paspor baru (loket ini lagiiii, tapi orangnya yang sekarang beda, mbak-mbak yang baek hati ternyata). Diliatlah kertas yang gw bawa, terus dikasihin tuh paspor yang udah jadi,,asiiiiikk udah jadi (katrok). Jangan lupa bawa uang receh soalnya disuruh photo copy paspor halaman depan sm belakang.

Jreeeng jreeeng ini dia paspor putri (katrok tapi pede jadi orang katrok...wkwkwkwk)


Saran nih, kalo mau bikin paspor langsung aja dateng ke kantor imigrasi, gak ribet kok prosesnya. Dan diusahakan dateng pagi-pagi biar masih sepi gak ada antrean :P


No comments:

Post a Comment