Tuesday, May 22, 2012

1 Hari jalan-jalan di Singapore, bisa gak ya?

Berhubung sudah buat paspor, musti dipake deh tuh paspor biar gak bulukan dalem lemari. Kebetulan tanggal 17 Mei 2012 kemaren dapet libur sampe tgl 20 Mei 2012, bisa dimanfaatin buat jalan-jalan. Rencana jalan-jalan pun mulai disusun, akhirnya jatuh pilihan ke Singapore. Sana sini situ sono nyari temen diajak jalan ke negeri seberang tp gak ada hasil alias gak ada temen yg mau nemenin. Akhirnya nelpon mas yg ada di Batam, yg udah sering bolak balik Singapore, dan Yes dia mau nemenin tp cm sehari soalnya gak dapet libur tuh tgl 18 nya. Gak masalah deh, langsung booking tiket Denpasar-Batam PP saat itu juga.



Tanggal 17 Mei berangkat dr Denpasar jam 11 siang WITA, sampe Jakarta jam setengah 12 siang WIB dan musti nunggu penerbangan ke Batam jam 17 WIB. Alhamdulillah pas keluar bandara ketemu temen kuliah 2 orang,,wah jd mendadak reuni di bandara Soehat..


Mustika, Iin sm gw di Soehat mendadak reuni an
Sekitar jam 17 WIB pesawat ke batam boarding, tapiiiiiii take off nya sejam kemudian, sampe mateng di pesawat...hadeeeehhhh. Tp yg penting selamat sampai Batam,,Alhamdulillah...

Hari pertama di Batam jalan ke Barelang (Batam Rempang Galang) yaitu jembatan yg dipakai sebagai maskot kota tersebut. Terus jalan-jalan ke kebun buah naga sambil nyicipin sup buah naga.
Sumpah!! gw kucel bin bulukan di Barelang
Di kebun buah naga
Hari selanjutnya langsung cabut ke Singapore. Kalo ditanya bisa ato gak jalan 1 hari di Singapore, bisa aja kalo kita cm mau poto2 di tempat2 yg terkenal sm belanja oleh-oleh. Tp kalo untuk bener-bener ngelilingin Singapore, belom bs gw buktiin. Simak nih pengalaman 1 hari di Singapore....

Pagi buta jam 6 WIB berangkat dr pelabuhan Batam Center menuju Harbourfront di Singapore. Sebelum naik kapal, di Batam Center dilakukan pengecekan paspor oleh petugas imigrasi dr Indonesia. Jam 6 WIB ferry pun berangkat. Saat itu kita (sm mas gw) pilih naik penguin PP yang biayanya 41 SGD per orang (17 SGD biaya ferry Batam-Singapore + 17 SGD biaya ferry Singapore-Batam + 7 SGD biaya pajak Indonesia). Di dalam ferry kita mengisi sebuah note kecil dengan beberapa pertanyaan untuk nanti diperiksa di imigrasi Singapore. Jadi jangan lupa bawa pulpen,,,:P

Pukul 8 waktu Singapore (7 WIB) kami sampai di HarbourFront. Setelah turun dr ferry kami pun menuju gedung pelabuhan untuk pengecekan paspor oleh imigrasi Singapore. Pas kebetulan gw dapet pemeriksanya keturunan melayu (sumpah gak ngerti ngomong apa, pengen nangis diajak ngomong melayu). Sebenernya dia ngomong 'satu hari je' (tanya kalo cm 1 hari aja), tp gara2 ngomongnya kecepetan jd pgn nangis... (T_T)..

Keluar dari imigrasi td, lalu kita menentukan mau naik apa jalan-jalan keliling Singapore. Akhirnya jatuh pilihan naik MRT, dan memilih kartu Ez Link untuk pembayarannya. Biaya untuk kartu ini sebenarnya cuma 12 SGD (5 SGD harga kartu yg gak bisa dibalikin + 7 SGD itu saldo kita yg bisa di top up lg dan diambil kalo nyisa), tp gara2 si mas gw itu kalo ke Singapore selalu naek taksi (dibayarin tempat dinasnya), alhasil dalam pikirannya keliling Singapore itu mahal jd kita top up saldo 10 SGD. Padahal kata orang-orang sehari cukup 7 SGD, tp gak apalah.

Perjalanan 2 orang yang buta MRT pun dimulai.....
Masuk di Harbourfront station, clingak clinguk bingung gimana caranya. Waktu itu kita tujuannya adalah Orchard Rd. Untung ada bapak-bapak yg nolongin kita dg bertanya 'mau kemana?'.... Alhamdulillah ternyata org Indonesia..'ke Orchard pak' jawab gw... 'naek sini' si bapak langsung masuk MRT dan disusul kita (padahal masih gak tau itu knapa disuruh masuk situ).  Di tengah jalan si bapak turun di Outram Park station..'saya turun sini ya, soalnya mau ke Bugis' katanya. 'oh iya pak silakan'
Kita pun lanjut perjalanan berdua di dalam MRT yg masih sangat amat sepi. Se-katrok-katroknya kita, kita tau klo musti turun di Dhoby Ghaut station buat ganti line menuju Orchard. Tapi yg waktu itu bikin bingung, kenapa North South (NS) line ada 2 pintu yaitu 5 (Marina Bay) dan 4 (Jurong). Kita musti nentuin naek jalur 4 atau 5. Ternyata kita gak bodo-bodo dan katrok-katrok amat, setelah beberapa menit kita udah ngerti apa maksud dari line-line itu. Tips buat yg mau backpacker ke Singapore walaupun baru pertama, jangan pernah takut naek MRT, dijamin perjalanan lebih seru!!!
Ada beberapa poto sembunyi-sembunyi yang diambil di atas MRT (gw gak tau boleh ato gak sih poto2 di MRT? selaen itu gw malu)....ni salah satunya:

suasana di MRT
Jadi gini...untuk contoh misal kita ada di Harbourfront mau ke Orchard. Sebelumnya coba buka google lalu search MRT Singapore Map... Yang dilakukan adalah, naik MRT NE line menuju Punggol (7) kemudian turun di Dhoby Ghaut. Dari Dhoby Ghaut naik MRT NS line menuju Jurong (4) turun di Orchard (NS22). Apa maksud dr 'menuju'? itu adalah station ujung dari line tersebut. Kalo udah ngerti, sebelum jalan-jalan ke sana, musti ditentuin kemana dulu supaya gak buang-buang waktu cm gara-gara bolak-balik di MRT (pengalaman 2 orang yang buta MRT).

Sampe di Orchard Rd, tentu aja tuh toko-toko belom pada buka, tapi emang niat cm poto2 doank dan gak punya niat sm sekali belanja di Orchard (bikin mampus dompet kayaknya). Jalanan masih sepi bin sunyi. Ada beberapa orang aja yg melintas, dan gw sempet berpoto di jalan itu.

poto sm patung ION
 di Orchard
duduk di pinggiran Orchard
Bosen di Orchard, perjalaan kita lanjutin ke Little India dengan tujuan membeli oleh-oleh di Mustafa (gak usah di jelasin naek MRT nya). Sebenernya lebih deket kalo turun di Farrer Park, tp kita lebih milih turun di Little india dan menyusuri jalan untuk mencapai Mustafa (kalo gak mau cape turun aja di Farrer Park). Sampe di Mustafa, perburuan oleh-oleh pun dimulai (ingat buat backpacker jangan khilaf dan tetap konsisten jaga hati, mata dan telinga). Pusat belanja ini menyediakan oleh-oleh dengan harga yang sangat miring. Jam bukanya adalah 24 jam, makanya pernah dibuat nginep orang-orang yang niat ngegembel di Singapore (salah 1 dr 2 org yg buta MRT -tp udah gak buta MRT kalo sekarang-).

Dari Little India, tujuan kita selanjutnya adalah Merlion Park yang kita gak tau dimana letak patung singa muntah itu. Naek MRT di Farrer Park turun di Esplanade (gak usah dijelasin naek MRT nya), tapi jangan diikutin karena itu nyasar...wkwkwkwkwk tp gak apalah jd keliling kota gitu deh walaupun gak jelas. Kalo mau yg bener, untuk ke Merlion Park itu turun di Raffles Place terus jalan meyusuri Singapore River, nanti ketemu dah tuh patung singa muntah nya..

jalan di Esplanade pas nyasar
Pas kita keluar dr Raffles Place udah dalam keadaan cape bin lelah akhirnya kita istirahat di suatu taman sambil makan bekel (gak beli makan loh kita di Singapore). Sebenernya banyak makanan halal dan murah disana, tp karena kita cm 1 hari males deh nyari tempat makannya aja ngabisin waktu. Eh iya, makanan yg kita makan jangan dipikir makanan nasi bungkus ya, ini cm snack ringan soalnya di sono kan gak boleh makan sembarangan di tempat-tempat umum kayaknya.
pak nugroho kagum mandangin gedung tinggi..wkwkwkwk
ngasi makan burung sambil istirahat

istirahat di taman depan Raffles Place station

Perjalanan dilanjutkan mencari Merlion Park menyusuri Singapore river. Ketemu deh patung Merlionnya. Nyampe sana pas siang hari bolong, jadi lumayan sepi yang poto-poto.






Udah bosen di Merlion Park, perjalanan dilanjutkan ke Sentosa Island, naik MRT ke Harbourfront. Ke Sentosa Island bs naek monorail atau cable car. Kita milih naek monorail yg bs pake Ez link card tadi...
Di Sentosa kita cm duduk bengong aja, selaen udah cape juga udah gak mau ngeluarin uang lagi...hehehehe Alhasil cm poto di depan Universal Studio...



Pas matahari udah mulai gak keliatan, kita balik lagi ke Harbourfront naik monorail kemudian check in di pelabuhan, kita dikenai pajak 6 SGD per orang.
Selesailah sudah perjalanan di Singapore, 1 hari ternyata sudah cukup untuk poto-poto ditempat-tempat terkenal dan belanja oleh-oleh...
:P






8 comments:

  1. kalau hanya 1 hari di singapore ( pagi sampai malam pulang), di embarkation card, lama tinggal dan alamat tinggal sementaranya diisi kaya gimana?
    Lama tinggal = 1 hari dan alamat sementara dikosongkan atau bagaimana?
    mohon info secepatnya ya :)

    ReplyDelete
  2. Pengalaman saya dulu alamat tinggal seingat saya dikosongkan. Petugas imigrasi jg tidak melanjutkan prtanyaan dimana akan tinggal, setelah tau kita cm 1 hari dan tdk mnginap.

    ReplyDelete
  3. enak ya liburan ke singapore
    kapan ya bisa kesana...

    ReplyDelete
    Replies
    1. tiket kesana murah kok, apalagi dr surabaya, ada yg gak sampe 300.000...hehe

      Delete
  4. Mau liburan atau coba travelling ke Bangka Belitung.
    http://aderiorental.com

    ReplyDelete
  5. enak sih singapore mah, kecil juga negaranya jadi cepet kalo mau keliling keliling. Kemarin sempet gak mampir ke Gardens by the bay ??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ternyata sy lama sekali tidak buka blog, terimakasih sudah berkunjung.
      Di cerita di atas sy tidak mampir ke garden by the bay, tp di kunjungan yg lain sy sudah sempatkan main kesana di malam hari, pemandangan lampu2nya bagus bgt.

      Delete